Misteri Batu Bertumpuk yang Tak Roboh Diguncang Gempa Bumi

Misteri Batu Bertumpuk yang Tak Roboh Diguncang Gempa Bumi

Kejadian aneh dalam beberapa abad lamanya lokasi batu bertumpuk yang terletak di San Andreas dan San Jacinto, California Amerika Serikat ini meski sering dihantam gempa bumi. Namun tak sekalipun merobohkan batu-batu itu dan tetap berdiri kokoh. Para ilmuwan mencoba untuk mengungkapkan misteri yang selama beberapa dekade teka-teki pertanyaan ini belum terpecahkan.

Sampai akhirnya sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa jalur patahan di wilayah itu kemungkinan telah berinteraksi dengan jalur patahan di wilayah lain, sehingga gempa bumi seolah-olah melompati wilayah di mana batuan tersebut berdiri dan menjadikan batu-batu tersebut tidak bergeser atau runtuh sekalipun.

fenomena batu ajaib menjadi keajaiban dunia

Jim Brune, dari University of Nevada, kepada BBC seperti dikutip Dailymail.co.uk mengatakan dirinya telah menemukan bahwa dua patahan yang saling berdekatan 'berkomunikasi' satu sama lain. Namun dia baru mengetahuinya setelah melakukan penelitian sejak tahun 1990.

Secara umum, batu bertumpuk tidak ditemukan dalam radius 15 km dari jalur patahan yang menjadi lokasi terjadinya gempa akibat pergeseran seismik dari lempek tektonik.Brune menemukan sejumlah batu bertumpuk di radius 7-10 km dari jalur patahan di San Andreas dan San Jacinto.

Tim yang dipimpin Brune kemudian melakukan kalkulasi kekuatan efek gempa yang terjadi pada 1812 dan 1857. Menurut Brune, dua gempa tersebut seharusnya bisa menjatuhkan batu bertumpuk, namun hal itu tidak terjadi.

Sementara itu Lisa Grant Ludwig, dari University of California yang juga menulis penelitian ini, mengatakan ada 'kesimpulan tak terhindarkan' dalam penelitian ini yang menyebutkan bahwa goyangan tanah akibat gempa pasti lebih rendah yang seharusnya.

"Patahan San Andreas dan San Jacinto berdekatan, mereka terpisah sejauh 2 km. Melalui berbagai gempa dan studi model gempa dapat dilihat bahwa goncangan seolah-olah melompat wilayah tersebut saat terjadi gempa," kata Ludwig. Ludwig menambahkan jalur patahan yang berdekatan dan interaksi antarpatahan itulah yang menjadi kunci untuk memahami fenomena kekuatan wilayah di mana batuan tersebut berada.

Fakta aneh ini mengubah pemahaman ilmiah tentang gempa bumi sehingga otoritas California secara signifikan bisa menyusun ulang strategi penanganan gempa di wilayah tersebut.

Produk Kami Lainnya :

Posting Komentar

 
ibs(idblogsite)
Copyright © 2013. iNDOTOKO Template Allright reserved.