8 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe


8 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe dan Menyegarkan Kulit Kepala
Anda memiliki permasalahan ketombe? Apakah rambut Anda menjadi berkurang keindahannya karena munculnya ketombe? Tentu hal itu sangat disayangkan. Rambut ialah mahkota bagi sebagian orang. Rambut adalah keindahan, apalagi bagi seorang wanita. Namun, bagaimana jadinya jika rambut Anda yang lebat nan indah itu diserang ketombe? Kulit kepala Anda menjadi gatal dan tidak nyaman. Maka dari itu kalini kita akan berbagi tips cara menghilangkan ketombe yang ampuh sekaligus menyegarkan kulit kepala Anda.

Cara Menghilangkan Ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya perhatian Anda terhadap rambut. Berawal dari hal kecil, membersihkan rambut secara rutin itu sangat penting untuk kesehatan rambut. Pemberian nutrisi yang tepat juga membantu menjaga kesehatan dan keindahan rambut Anda. Jika Anda termasuk orang yang memiliki aktivitas padat, kerap terpapar sinar matahari yang terik. Anda dapat terserang ketombe karena kulit kepala Anda yang berkeringat. Begitu juga jika Anda adalah orang dengan penutup kepala (hijab) bisa terserang ketombe jika tidak benar-benar memperhatikan kesehatan rambut Anda. Kulit kepala yang kotor, lembab, berkeringat menjadi pemicu awal terbentuknya ketombe. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa tips ampuh mengatasi ketombe anda. (Baca: Cara Menyuburkan Rambut Secara Alami)
Cara Menghilangkan Ketombe dengan Larutan Cuka

Cara mengatasi ketombe yang pertama yakni dengan menggunakan cuka. Ya, Anda tidak salah baca. Gunakan cuka untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala Anda dengan membilas rambut menggunakan larutan cuka putih. Cuka bekerja secara efektif menyingkirkan kulit mati (calon ketombe), ia tidak akan mengakibatkan pori-pori Anda tersumbat. Jangan lupa mandi setelah membiarkannya kurang lebih 30 menit, jika tidak mandi tentu Anda akan bau cuka.
Menghilangkan Ketombe dengan Baking Soda
Menghilangkan Ketombe dengan Baking Soda

Img – Wikipedia.org

Bahan penghilang ketombe yang kedua yakni Baking Soda. Baking Soda bukannya bahan untuk masak? Ya memang betul, tetapi Baking Soda juga ampuh menghilangkan ketombe. Caranya, campurkan satu sendok makan Baking Soda dengan setengah gelas air, gunakan untuk keramas. Anda akan merasakan hasilnya. Rambut menjadi enteng karena ia menghilangkan kulit mati penyebab ketombe. Cara menghilangkan ketombe cara tradisional ini cukup mudah bukan?. (Rekomeended: Cara Merawat Rambut Kering)
Menghilangkan Ketombe dengan Daun Neem
Cara Menghilangkan Ketombe dengan Daun Neem

Img – Flickr.com Creative Commons

Cara selanjutnya untuk menghilangkan ketombe membandel yakni dengan menggunakan daun Neem. Daun Neem adalah salah satu jenis daun untuk bumbu khas India. Sama seperti penggunaan Baking Soda dan cuka, gunakan ampas daun Neem ini untuk keramas, bilas bersih. Anda perlu melakukannya secara rutin jika ingin hasil yang maksimal. Cara menghilangkan ketombe dengan mudah selanjutnya yakni memanfaatkan cahaya matahari. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, cahaya matahari dapat mengurangi kelembaban rambut dan kulit kepala Anda. Penyebab utama ketombe ialah karena lembabnya kulit kepala. Dengan begitu, sinar matahari mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Berjemurlah di bawah sinar matahari pagi sekitar pukul 9, dalam kurun waktu 15 hingga 20 menit. Mudah bukan?
Cara Hilangkan Ketombe dengan Tea Tree Oil
Menghilangkan Ketombe dengan Tea Tree Oil

Img – Wikipedia.org

Selanjutnya, cara mengatasi ketombe berikutnya yakni dengan tea tree oil (tumbuhan khas Australia), gunakan minyaknya untuk keramas. Lakukan secara rutin selama beberapa kali dalam satu minggu.
Cara Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

Bahan alami berikutnya adalah Lidah Buaya. Lidah Buaya yang memiliki nama latinnya Aloe Vera. Daging Lidah Buaya ini dapat Anda gunakan untuk alternatif penghilang ketombe. Gosokkanlah pada kulit kepala Anda, diamkan selama 20 menit, bilas bersih. Anda harus teratur menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang signifikan.
Atasi Ketombe Dengan Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya yakni dengan konsumsi makanan yang bergizi. Apa hubungannya? Tentu ada, makanan dengan nutrisi tinggi akan membuat tubuh Anda sehat. Bagian rambut juga dapat ternutrisi lebih baik dengan asupan makanan bergizi. Anda juga harus memperhatikan makanan yang Anda makan, jika makanan tersebut mengandung banyak lemak, maka hindarilah. Perbanyaklah konsumsi sayuran, minyak ikan, dan makanan dengan kandungan protein tinggi. ( Lainnya: Cara Cepat Memanjangkan Rambut)
Basmi Ketombe Anda dengan Buah Lemon
Menghilangkan Ketombe dengan Lemon

Img – Wikipedia.org

Cara cepat selanjutnya yakni dengan buah Lemon. Tingkat keasaman buah Lemon akan membantu menghancurkan jamur penyebab ketombe. Lemon juga merupakan bahan yang tidak mengandung zat kimia. Gunakanlah secara rutin untuk keramas dan bilas sampai bersih. Perlu diingat, pilihlah Lemon yang berkualitas, peras beberapa buah dan gunakan airnya.
Menggunakan Garam

Berikutnya, pakailah garam. Kenapa garam? Garam berfungsi sebagai exfoliator alami atau pembersih alami. Ia dapat menyingkirkan kulit mati penyebab ketombe. Hmm, cara-cara unik, sederhana, yang cukup mudah bukan? Jangan takut lagi dengan masalah ketombe Anda.

Produk Kami Lainnya :

Posting Komentar

 
ibs(idblogsite)
Copyright © 2013. iNDOTOKO Template Allright reserved.